Kamis, 10 Februari 2011

Motivasi agar hidup lebih bermanfaat


Untuk artikel kali ini kami berbagi tentang motivasi hidup agar kita semua dapat menjalani hidup dengan penuh semangat dan ingin mencapai masa depan yang lebih baik. Dan janganlah mengahiri hidup ini dengan cara cara yang tidak di ridhai Allah SWT karena hidup ini begitu indah dan hanya sesaat.
Motivasi hidup akan mempengaruhi hidup teman teman. Banyak orang yang masih belum memahami apa yang menjadi motivasi hidup atau baru memahami sebagian dari motivasi hidup sebenarnya. Pemahaman yang kurang atau parsial tentu akan mempengaruhi kualitas kehidupan kita.
“Apa definisi motivasi hidup?” Hehehe....... tentu kita bingung kan. Motivasi pada dasarnya adalah alasan atau dorongan untuk bertindak. Maka motivasi hidup bisa diartikan alasan atau dorongan untuk hidup. Dari sini akan membawa kepada sebuah pertanyaan dasar yang teman teman biasa jumpai, “mengapa kita hidup?” ,“Mengapa kita ada di dunia ini?”, ” Siapa saya?” Banyak orang yang berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Namun mereka tidak akan menemukan jawabannya atau menemukan jawaban yang salah selama mereka mencari dari sumber yang salah.
Seharusnya, jika kita bertanya mengapa kita hidup, kita harus bertanya kepada Yang Menghidupkan kita. Tiada lain adalah Allah SWT. Dan, Allah SWT sudah menjawab pertanyaan kita ini melalui firmanya dan dituliskan dalam kitab suci kita Al Qur’an.
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku. (QS. Ad Dzariat:56)
Jadi ibadahlah yang menjadi motivasi hidup sejati kita. Hidup kita tiada lain hanya untuk beribadah kepada Allah. Segala gerak gerik kita, pemikiran kita, dan ucapan kita semua harus dalam niat beribadah kepada Allah.
Tentu saja, pemahaman ibadah disini adalah ibadah secara integral. Bukan hanya ibadah ritual saja, tetapi ibadah secara kesuluruhan. Artinya semua aspek kehidupan yang kita jalani harus dalam rangka ibadah.
Jika ibadah sudah menjadi motivasi hidup kita, inilah yang perlu teman teman lakukan:
v     Pertama: Jadikan, semua yang kita lakukan saat ini menjadi bernilai ibadah. Tapi hati-hati, jika ada berbagai tindakan yang tidak bisa diubah menjadi ibadah yaitu tindakan yang nyata-nyata perbuatan maksiat. Untuk tindakan maksiat, harus dihentikan dan diganti dengan ibadah. Untuk mengganti tindakan “biasa” menjadi tindakan ibadah ialah dengan dua cara:
1.      Niatkan sebagai ibadah
2.      Lakukan dengan cara yang sesuai syariat islam
v     Kedua: Ketahui apa saja ibadah yang harus kita lakukan dan lakukanlah sebisa mungkin. Ketahuilah apa yang dilarang dan jangan lakukan.
Mudah-mudahan kita semua menjadi pribadi yang hidup dengan motivasi hidup sejati ini. Jangan terpaku pada penyesalan masa lalu, jangan melihat masa depan cemas, bimbang dan takut, hidup adalah saat ini!

10 komentar:

bendol mengatakan...

menarik sob...tapi ada kalanya seseorang mempunyai motifasi tersendiri untuk menjalani hidup...

Masa lalu adalah sejarah, hari ini adalah tantangan yg harus di taklukan, dan masa depan adalah mystery...

menurut ente sob?

Quickfuture mengatakan...

wah betul juga sob. . hidup itu susah sebenernya sob.. tpi kalau gag bisa menghadapi ya bukan hidup namanya.
manusaia gag pernah tau akan seperti apa dirinya di masa yg akan datang

Daris Firzan mengatakan...

nice post gan :-)

komputerbutut mengatakan...

setujuga gan... hidup harus dijalankan dengan ibadah.. agar hidup lurus dan tidak menyimpang.. motipasi dari diri sendiri dan berguna buat orang laen :D

(btw... ga ada buat taro url/name ya gan)
^__^

masih-berharap mengatakan...

betul betul postingan yang sangat bagus sob jadi tambah motipasi

bakawali mengatakan...

hidup ini bagai lampu lilin.. yang di nayalakan di malm hari..lagu hijjaz lak kuar...kihkih

Quickfuture mengatakan...

@komputerbutut : url bisa di taruh html nya di postingan gan :D

sin@ps mengatakan...

setuju sekali, memang hidup harusnya dijadikan ibadah/dijadikan alat untuk mencapai suatu tujuan hidup itu sendiri (kok mbulet ya @.@)

yah intinya kita harus punya pandangan ttg masa depan lah, harus ada rencana dan visi misi (sok2 an padahal g ngerti pengertian visi-misi) klo g ada rencana g mungkin bisa jadi macam Honda (merujuk pada postingan mas quick2 yg lain :D whahaha)

Ami mengatakan...

Tulisan yang bagus sekali. Andai semua orang mau motivasi hidupnya mencari ridho Allah. Blog saya menuliskan menggambarkan motivasi hidup saya. Ijin follow deh...

Quickfuture mengatakan...

@sin@aps : makasih sahabat komennya :) , betul sekali pendapatnya .. semoga bisa diterapkan ya

@ami : oke mbak, makasih.. sebenarnya manusia hidup untuk mencari ridhonya .. mungkin dengan jalan mreka sendiri2

Posting Komentar