Kamis, 17 Februari 2011

Arti hidup sesungguhnya


Dalam artikel sebelumnya kami membahas tentang motivasi agar lebih bermanfaat di dalam dunia ini. Dalam artikel tersebut kami membahas tentang dorongan yang disertai dengan tindakan dalam hidup. 
Karena dengan adanya motivasi untuk kita, kita dapat melakukan tindakan atau hal yang lebih bermanfaat dari pada sebelumnya, dan artikel yang kami tulis saat ini adalah arti hidup di duniaDalam berbagai literatur, video,televisi  atau pun dalam seminar, mungkin Anda pernah mendapatkan materi tentang arti hidup

Para motivator atau ahli pengembangan diri mengatakan bahwa memahaminya adalah langkah penting dalam menggapai sukses. kami setuju, bahkan bukan hanya sukses dunia, tetapi sukses dunia akhirat jika kita memahaminya dengan benar.




Ada satu hal penting yang harus kita perhatikan disini. Saat si motivator  memandu Anda menemukan arti hidup. Betulkah akan dipandu ke arti hidup yang sesungguhnya? Jangan main-main dengan ini, sebab hidup kita di dunia akan menentukan hidup kita di akhirat !
Adakah Nilai-nilai Secara keseluruhan ......... ?
Kami selalu bertanya dengan apa yang disebut dengan nilai-nilai universal (keseluruhan). Katanya, nilai-nilai yang diterima oleh semua agama. Apa yang salah ? Mungkin, seseorang bisa mengumpulkan nilai-nilai yang diterima oleh semua agama. Artinya dia mengeliminir nilai-nilai yang hanya diterima oleh suatu agama, termasuk agama Islam. Jadi, saat kita hanya mengambil nilai-nilai universal, maka kita tidak akan mendapatkan nilai-nilai Islam secara utuh atau secara integral.

Nilai-nilai yang kita anut, akan menentukan hidup kita. Saat nilai yang kita anut tidak utuh, maka hidup kita pun menjadi tidak utuh. Hal ini, jika kita hanya mengandalkan nilai-nilai yang diajarkan oleh para motivator  yang katanya memberikan nilai-nilai universal. Saya tidak melarang Anda belajar kepada mereka, tetapi jangan cukup sampai disana. Kita harus mau melihat cara hidup sesuai dengan panduan kita sebagai Muslim !.
Arti Hidup Menurut Islam !
Agar kita tidak memahami arti hidup secara dangkal, kita harus kembali memahaminya dari sumber atau rujukan yang benar, yaitu Al Quran dan Hadits shahih. Tentu saja, jika kita menggalinya lebih dalam menurut Al Quran dan Hadits akan menjadi pembahasan yang panjang. Yang akan kami bahas disini ialah, kita jangan menyerahkan pemahaman dari sumber yang tidak jelas tidak pasti. Pemahaman yang salah bisa mengubah kehidupan kita, bahkan kehidupan kita nanti di akhirat.
Pada intinya, arti hidup dalam Islam ialah ibadah. Keberadaan kita dunia ini tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah. Makna ibadah yang dimaksud tentu saja pengertian ibadah yang benar, bukan berarti hanya shalat, puasa, zakat, dan haji saja, tetapi ibadah dalam setiap aspek kehidupan kita.
Dan di dalam Al-Quran sudah dinyatakan dalam surah (51:56) ;
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS Adz Dzaariyaat:56)
Ibadah… inilah arti hidup sesungguhnya. Bagian terbaik dari hidup seseorang adalah perbuatan-perbuatan baiknya dan kasihnya yang tidak diketahui orang lain. Rahmat sering datang kepada kita dalam bentuk kesakitan, kehilangan dan kekecewaan; tetapi kalau kita sabar, kita segera akan melihat bentuk aslinya. Agama sejati adalah hidup yang sesungguhnya – hidup dengan seluruh jiwa seseorang, dengan seluruh kebaikan dan kebajikan seseorang

10 komentar:

sin@ps mengatakan...

sip2 setuju

. mengatakan...

burung berterbangan tu menganggu gualah untuk membaca. hahaha. btw nice one entry :)

Beben Koben mengatakan...

setubuh sob, eh setuju...ibadah itu jalan hidop seorang muslim^^

Quickfuture (Landry) mengatakan...

terimakasih pendapatnya.. semoga kita semua dapat mengamalkannya :) semoga bisa bermanfaat sahabat

BeDa mengatakan...

Subhaanallah... ketika kita memahami arti hidup kita, maka hidup menjadi bermakna, bersemangat, dan tahu persis arah yang hendak dituju

Terima kasih atas pengingatnya. Salam ukhuwah

Info mengatakan...

Artikel yg menarik, link ente sudah ane pasang Sob. Silahkan cek dan pasang balik ya? Thx. :)

coretan tinta mengatakan...

good jobs,. artikel yang luar biasa

Akmal Fadhilah mengatakan...

sekedar nyimak aja ya gan
keren banget gan postingannya
untuk Download Game dan Aplikasi Pc dan Symbian, silahkan kunjungi :
www.symbianers60v3.co.cc

outbound malang mengatakan...

kunjungan gan .,.
Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

outbound malang mengatakan...

kunjungan gan .,.
saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Posting Komentar